Senin, 03 Desember 2018

Pecel Sayur

Pecel atau pecal adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Makanan ini populer terutama di wilayah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti. Dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai 'tumbuk' atau 'dihancurkan dengan cara ditumbuk'. Pecel berasal dari Ponorogo, Jawa Timur,[1] karena sambal kacang yang digunakan dalam campuran pecel juga digunakan dalam bumbu sate Ponorogo.[2] [3] Makanan ini juga mirip dengan gado-gado yang dibedakan oleh campuran bahan dan tekstur bumbunya. 
 Pecel merupakan makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang dihidangkan dengan alas yang berbeda-beda sesuai kota asal pecel, misalnya piring lidi yang disebut ingke, pincuk, atau tampah bambu. Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel disebut sambal pecel yang terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, kecombrang, daun jeruk purut, dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek.[5] Selain itu, ada pula yang menambahkan daun bawang dan asam jawa ke dalam campuran air hangat untuk mencairkan sambal pecel. 
 Hasil gambar untuk pecel sayur adalah




Resep Pecel Sayur

Penyuka sambel kacang pasti akan sulit berpaling dari sayur ini. Hidangan khas Jawa ini terdiri dari rebusan aneka sayur yang disiram dengan sambel atau saus kacang. Segarnya sayur rebus, namun tak overcooked, berpadu dengan saus kacang creamy yang bercita rasa pas antara gurih, pedas, dan manis.
Jenis sayur yang sering digunakan yaitu bayam, kangkung, kacang panjang, dan tauge. Hidangan ini bisa dikombinasikan dengan aneka lauk dan pendamping. Seperti telur ceplok, tahu/tempe goreng, dan rempeyek kacang/teri.

Bahan-bahan

Langkah

  1. Siangi, cuci bersih, dan potong-potong sayuran.
  2. Panaskan air hingga mendidih. Rebus sebentar masing-masing sayuran, kecuali kemangi. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  3. Haluskan kacang tanah yang telah digoreng.
  4. Dalam satu wadah, campur kacang tanah, bumbu halus, dan air asam jawa. Aduk hingga rata.
  5. Tambahkan air panas sampai kekentalan yang diinginkan. Koreksi rasanya.
  6. Tata sayuran di piring saji. Siram dengan sambal kacang. Beri bahan pelengkap lainnya.
  7. Siap disajikan.

Tips

  1. Jenis sayuran dapat dimodifikasi sesuai selera.
  2. Kacang tanah bisa diganti dengan kacang mete sehingga lebih gurih. Jika sedang membatasi konsumsi minyak, kacang bisa juga dipanggang sebelum dihaluskan.
  3. Gunakan  blender untuk membuat saus kacang dengan lebih mudah dan cepat. Mata pisaunya mampu menggiling kacang dan biji-bijian hingga halus dengan sekejap. Anda pun bisa hemat waktu maupun tenaga.
  4. Jika ingin bumbu pecel yang lebih manis, dapat ditambahkan gula pasir.
Jika tidak langsung disajikan, kacang tanah yang sudah dicampur bumbu halus dan air asam jawa bisa disimpan ke dalam kulkas (dengan wadah tertutup rapat). Encerkan dengan air panas sesaat hendak disajikan. 


 



<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/QCCzeeOa0bs" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar